Panduan Cara Beriklan Di Google Ads Yang Tepat

Pastinya setiap bisnis menginginkan usahanya maju dan mendapatkan profit yang sangat menguntungkan. Berbagai upaya promosi sudah dilakukan untuk mendapatkan profit tersebut. Namun ada kalanya ekspektasi tidak sesuai kenyataan. Maka dari itulah pemilik bisnis mulai beralih ke penjualan online untuk mendapatkan profit. Salah satunya adalah dengan beriklan di Google Ads. Google sendiri merupakan search engine terbesar. Di Indonesia, 98% penduduknya memanfaatkan Google untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan produk yang diinginkan.

beriklan di Google Ads

13 Panduan Beriklan Di Google Ads

Sebagai platform dengan jumlah pengguna banyak, Google menawarkan fitur untuk iklan yang disebut sebagai Google Ads (sebelumnya bernama Google AdWords). Google Ads ini pun menjadi salah satu tempat beriklan yang efektif untuk sebuah bisnis. Kelebihan yang didapatkan pun juga banyak. Dimulai dari anggaran untuk beriklan yang bisa dikatakan rendah dibandingkan dengan media iklan lain. Sampai kemudahan dalam menjaring banyak calon konsumen karena bisa iklan bisa tayang real time di Google.

Bagi Anda yang ingin beriklan di Google Ads. Simak dulu tata cara beriklan yang baik dan benar dibawah ini.

  1. Membuat Akun Google Ads

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja membuat akun iklan. Untuk membuatnya pun mudah, Anda tinggal membuka situs Google Ads dan mengikuti proses pembuatan akun. Setelahnya Anda login ke akun Google Ads yang sudah dimiliki.

  1. Menentukan Tujuan Iklan

Kemudian Anda harus memiliki tujuan goal atau tujuan memasang iklan tersebut untuk apa. Google Ads sendiri menawarkan beberapa tujuan dalam beriklan. Diantaranya adalah sales, leads, website traffic, product and brand consideration, brand awareness & reach, app promotion, dan local store visits and promotion. Pastikan dengan baik pemilihan tujuan iklan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda beriklan.

  1. Memilih Jenis Tampilan Iklan

Google Ads juga menawarkan berbagai macam jenis tampilan iklan. Dengan begitu Anda sebagai pengiklan bisa memilih sesuai kebutuhan. Jenis tampilan iklan diantaranya adalah search campaign, display campaign, shopping campaign, video campaign, app campaign, smart campaign, dan local campaign.

  1. Melengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Di bagian ini, Anda haru melengkapi pengaturan dasar iklan yang akan dibuat. Diantaranya adalah jenis iklan, nama iklan serta jaringan mana untuk menampilkan iklan.

  1. Menentukan durasi iklan

Selanjutnya Anda juga harus menentukan durasi iklan yang akan tayang. Tentukan dengan cara memasukkan tanggal mulai dan selesai iklan. Juga Anda bisa mengatur URL iklan, dynamic search Ads dan jadwal tayang iklan.

  1. Memilih Jangkauan Lokasi & Bahasa

Pastikan untuk memilih jangkauan lokasi dan bahasa yang akan digunakan untuk iklan. Hal ini bisa dipersempit sampai ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau. Kemudian pilih bahasa yang sering dipakai oleh audience.

  1. Menentukan Target Audience

Juga Anda harus menentukan target audience yang sesuai target pasar. Hal ini dimaksudkan supaya iklan bisa ditampilkan secara lebih spesifik. Pastikan untuk menentukan secara detail mulai dari demografi, usia, interest dan lainnya.

  1. Mengatur Anggaran Harian

Untuk setiap iklan, Anda bisa menentukan berapa banyak anggaran yang dikeluarkan. Google memiliki fitur batas anggaran, jadi ketika melebihi batas akan secara otomatis menghentikan iklan.

  1. Tentukan Bidding

Bidding sendiri adalah biaya yang dikeluarkan untuk setiap iklan atau harga sekali klik iklan.

  1. Mengatur Keyword

Jangan lupa untuk mengatur keyword di ad groups. Untuk satu campaign hanya bisa berisi beberapa ad group saja.

  1. Membuat iklan/Ad Copy

Buatkan kalimat simpel dan informatif yang mampu memancing audiens untuk klik iklan.

  1. Melakukan Review

 Jika sudah melakukan pengaturan ads, nantinya akan diarahkan pada halaman review. Disini akan terlihat detail iklan. Jika membutuhkan perbaikan, lakukan terlebih dahulu sebelum di publish.

  1. Lengkapi Detail Pembayaran

Langkah terakhir adalah dengan melengkapi detail pembayaran. Yakni mengisi billing country, timezone, customer info, pilih metode pembayaran dan lainnya.