Kelebihan Melakukan Kampanye Social Media Marketing

Menjelang pemilihan umum, baik pemilihan umum daerah atau nasional. Pastinya kandidat yang mencalonkan diri akan melakukan kampanye untuk menarik perhatian masyarakat. Berbagai macam cara dilakukan untuk berkampanye. Mulai dari mendatangi lokasi-lokasi daerah tujuan untuk silaturahmi, mengadakan acara-acara besar, sampai memberikan bingkisan untuk masyarakat daerah pilihan. Sebenarnya cara-cara ini cukup lumrah untuk dilakukan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, terdapat banyak cara untuk melakukan kampanye. Salah satunya adalah melakukan kampanye social media marketing. Dimana proses kampanye ini dilakukan dengan memanfaatkan social media marketing. Baik itu Instagram, Facebook, YouTube, dan social media lainnya.

kampanye social media marketing

4 Kelebihan Kampanye Social Media Marketing

Pemanfaatan media sosial sendiri sudah dilakukan oleh banyak orang. Diantaranya adalah para pengusaha yang ingin menjual produk atau memperkenalkan jasa mereka ke khalayak umum. Media sosial sendiri dinilai memiliki banyak keuntungan bagi pengusaha. Karena dinilai mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, media sosial juga menawarkan fitur-fitur hebat untuk menjual produk. Jadi tidak mengherankan jika banyak pengusaha yang memanfaatkan media sosial ini.

Media sosial sendiri pun tidak hanya dimanfaatkan untuk memperkenalkan jasa atau menjual produk saja. Namun juga banyak digunakan untuk kampanye pemilihan umum. Nah berikut ini ada beberapa keuntungan yang nantinya didapatkan oleh kandidat calon pemimpin.

  1. Menarik Perhatian & Membangun Minat

Kampanye social media marketing memungkinkan calon menarik perhatian dan membangun minat. Karena pastinya masyarakat belum tentu tahu atau mengenal kandidat yang mencalonkan diri. Media sosial mempunyai kemampuan menarik perhatian dengan mencari target audiens. Tentunya hal ini semakin membuat media sosial menjadi salah satu platform yang patut untuk dipertimbangkan sebagai media kampanye pemilihan umum.

  1. Bisa Tahu Respon Masyarakat

Ketika kita memposting sebuah gambar atau video yang bersangkutan dengan kampanye oleh seorang calon. Pastinya kita akan mendapatkan berbagai respon dari masyarakat. Karena diketahui bersama, bahwa masyarakat bisa memberikan respon yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang memberikan respon positif, namun ada juga yang memberikan respon negatif. Dari respon-respon yang diberikan oleh masyarakat ini maka bisa tahu bagaimana tanggapan masyarakat kepada calon kandidat tersebut.

  1. Mudah & Murah

Dibandingkan dengan kampanye secara langsung, melakukan kampanye digital membuat banyak calon menjadi lebih mudah. Calon hanya membutuhkan akun sosial media dan kemudian dioptimasi sampai benar-benar mendapatkan respon baik dari masyarakat. Dari segi biaya untuk berkampanye pun menjadi lebih murah dibandingkan dengan berkampanye langsung ke lokasi.

  1. Menjangkau Lebih Banyak Lapisan Masyarakat

Di Indonesia sendiri, hampir semua masyarakatnya tahu dan paham media sosial. Beberapa orang bahkan bisa memiliki akun media sosial lebih dari satu. Media sosial sendiri dimanfaatkan sebagai wadah memberikan informasi kepada seluruh masyarakat. Jadi tidak mengherankan jika banyak masyarakat Indonesia sudah memiliki akun media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial untuk melakukan kampanye. Tentunya kandidat pemimpin tersebut bisa menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

  1. Bisa Tahu Trik yang Dilakukan Kompetitor

Media sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dari kompetitor. Tetapi bukan berarti trik yang dilakukan kompetitor bisa diterapkan. Hanya saja bisa membuat kita menjadi lebih meluaskan ide-ide untuk kampanye selanjutnya.

Nah itulah beberapa kelebihan-kelebihan dari kampanye digital. Disamping memiliki segudang manfaat, kampanye digital juga memiliki kekurangan tersendiri. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika Anda bisa memanfaatkan kelemahan kampanye digital tersebut menjadi kelebihan.