Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Biaya Untuk Membuat Website

Di zaman yang serba modern dan cepat ini pastinya sudah tidak asing dengan website. Manfaat dari website sendiri pun banyak. Mulai dari dimanfaatkan sebagai halaman penawaran, portofolio pribadi, dan masih banyak lainnya. Bahkan banyak perusahaan skala menengah yang membuat website untuk meningkatkan profesionalitas dalam bisnis. Tidak mengherankan jika saat ini terdapat banyak website dari berbagai macam bisnis. Karena tidak semua orang bisa membuat website sendiri. Munculkan jasa pembuatan website yang siap membantu. Pastinya ada satu hal yang membuat Anda bertanya-tanya sebelum memesan website. Yakni, ‘kenapa biaya untuk membuat website berbeda-beda?’.

biaya untuk membuat website

5 Alasan Biaya Untuk Membuat Website Berbeda-Beda

Biaya untuk membuat website memang memiliki variasi yang berbeda-beda. Tentunya ada banyak faktor yang membuat biaya pembuatan website ini berbeda-beda. Nah untuk Anda yang penasaran kenapa biaya membuat website berbeda. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Desain Website

Sama seperti kita akan membeli baju, pasti yang dilihat adalah penampilannya. Apakah tampilan baju tersebut sesuai selera kita atau tidak. Nah, sama halnya dengan website. Bayangkan saat Anda membuka sebuah website dan ternyata desainnya sangat tidak ramah mata atau benar-benar jelek. Tata letak menu tidak karuan, pemilihan warna terlalu kontras satu dengan yang lainnya. Serta masih banyak kekacauan desain lain yang membuat website tersebut tidak sedap dipandang. Developer yang berpengalaman pastinya akan menghabiskan banyak waktu untuk mendesain website.

  1. Fitur Website

Kemudian dari segi fitur website yang diminta pun juga menjadi salah satu faktor mengapa biaya untuk membuat website jadi mahal. Karena membuat fitur website yang kompleks tentu tidak mudah. Hal ini membutuhkan waktu beberapa hari, mulai dari trial & error pun menjadi pertimbangan sebelum fitur tersebut benar-benar sesuai permintaan. Menghasilkan fitur website yang benar-benar sesuai permintaan klien sendiri juga bukan hal mudah.

  1. Hosting Website

Ibaratnya, hosting adalah tanah yang digunakan untuk menyimpan semua data website. Sedangkan untuk hosting ini sendiri ada banyak macamnya. Dimana hosting-hosting ini memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda pula. Semakin luas ruang penyimpanan hosting yang ditawarkan, maka harganya pun akan semakin mahal. Oleh karena itulah, jika Anda memilih hosting yang penyimpanannya luas. Tidak heran jika nantinya akan dikenakan biaya yang tidak murah. Namun hosting yang benar-benar luas tentunya akan membuat Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

  1. Fungsi Website

Selanjutnya dari segi fungsi website pun akan memengaruhi biaya pembuatan website. Misalnya Anda ingin membuat website toko online, nah ada customer lain yang memesan website sekolah. Dilihat dari fungsinya tentu saja berbeda bukan? Untuk website sekolah umumnya memiliki fitur yang sederhana namun tetap komplit. Sedangkan untuk fitur yang ada pada website toko online lebih terperinci. Karena itulah, fungsi website membuat biaya pembuatan bisa berbeda-beda. Perlu diketahui juga bahwa setiap jenis website memiliki fungsi masing-masing dan tentunya membutuhkan biaya berbeda. Jadi kita tidak bisa menyamaratakan harga pembuatan website ini.

  1. Maintenance Website

Setelah website selesai dibuat, bukan berarti sudah selesai secara keseluruhan. Website yang sudah selesai dibuat pastinya membutuhkan perawatan. Maintenance atau perawatan website ini akan membuat website memiliki kinerja lebih baik sehingga bisa mendatangkan traffic lebih banyak. Untuk maintenance website ini pun menjadi salah satu faktor yang memengaruhi biaya untuk membuat website. Bayangkan jika website tidak dilakukan maintenance dan terjadi sesuatu, sedangkan Anda sendiri kurang paham mengenai website. Hal ini tentunya akan berdampak pada bisnis yang sedang dijalankan.